Minggu, 27 Desember 2009

TIPS & TRIK MEMODIFIKASI MOTOR


Bagi kaum biker, modifikasi motor tunggannya merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Sehingga sudah dapat ditentukan setiap biker pasti motor tunggangannya 90% sudah terjamah oleh bengkel modifikasi.


Pada dasarnya modifikasi motor dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu modifikasi engine dan modifikasi body.


Modifikasi body bertujuan untuk mempercantik body motor. Sedangkan modifikasi engine bertujuan meningkatkan performance engine disamping estetikanya.


Modifikasi yang baik tentunya seorang modifikator yang dapat merubah performance engine menjadi lebih baik juga body kelihatan cantik (mengutamakan estetika).



Percuma saja kalau ada sebuah motor berpenampian baik akan tetapi memiliki performance engine yang loyo.


Inilah adalah faktor utama yang harus diperhatikan bagi seorang modifikator. Bentuk yang lebih cantik belum tentu performance engine juga baik, bahkan kadang kala menurunkan performance engine kendaraan.


Satu misal dalam pengecatan kepala silinder. Dari desain awal (dari pabrik pembuat engine) permukaan kepala silinder dibuat tidak halus bahkan banyak terdapat sirip-sirip sebagai mempermudah media pendinginan.


Demikian juga dengan permukaan kepala silinder memang sengaja tidak dibuat halus atau mengkilap.


Dan kebanyakan kepala silinder juga memang tidak di lakukan pengecatan karena kalau dilakukan pengecatan bahan cat akan menutup semua pori-pori dari material kepala silinder.


Apabila pori-pori material kepala silinder sudah tertutup maka berakibat terganggunya sirkulasi pendinginan.


Apabila hal ini dibiarkan maka engine akan cepat panas sehingga akan mudah sekali terjadi engine knocking atau pukulan pada mesin.


Terjadinya engine knocking dalam hal ini disebabkan kondisi ruang bakar yang terlalu panas sehingga sebelum waktunya busi dinyalakan bahan bakar sudah terbakar dengan sendirinya dalam waktu yang terlalu cepat untuk pengapian yang baik.


Maka dari itu penting sekali diperhatikan oleh para modifikator. Tidak hanya estetika saja yang dilakukan modifikasi, akan tetapi ada hal yang jauh lebih diutamakan yaitu performance engine. Dan bahkan jangan sampai hanya mengejar penampilan, performance engine dikorbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar