Rabu, 09 Desember 2009

PEDANG SAMURAI - TIPS MENINGKATKAN KEKUATAN PEDANG SAMURAI


Pedang Samurai merupakan salah satu jenis pedang yang sudah popular dan tidak diragukan lagi kekuatannya. Pedang ini memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi kalau dibandingkan dengan jenis pedang yang lain.


Pedang Samurai ini mampu untuk memotong dari bahan yang lunak sampai bahan yang keras sekalipun seperti halnya logam.


Dengan kemampuan yang sangat kuat untuk melakukan pemotongan inilah yang menyebabkan banyak orang untuk tergiur memilikinya. Maka harga jual dari pedang ini semakin lama semakin tinggi karena sudah terjadi kelangkaan.


Kekuatan dari pedang samurai ini tidak lain karena mengaplikasikan jenis material yang memang sudah teruji kekuatannya yaitu berasal dari Titanium sebagai unsur dominannya disamping ada penambahan unsur lain sebagai paduannya dalam prosentase kecil.


Titanium memiliki kekerasan yang cukup tinggi yaitu 970 Mpa. Titanium merupakan salah satu unsur yang memiliki sifat aneh seperti halnya material Zirconium pada keramik.


Titanium dan Zirconium adalah dua unsur yang sangat berperan dalam kekuatan material. Kedua unsur tersebut banyak diaplikasikan pada peralatan-peralatan yang mengandalkan kekuatan yang sangat tinggi.


Karena persediaan Titanium dan Zirconium ini sangat terbatas maka kedua unsur ini berharga relatif cukup mahal.


Seperti halnya pada unsur yang lain seperti logam. Titanium dapat ditingktkan kekuatannya atau kekerasannya.


Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan pedang samurai yang paling mudah dan murah yaitu dengan memanfaatkan sifat aneh yang dimilikinya.


Keanehan sifat dari Titanium jarang dimiliki oleh material yang lain yaitu dapat terjadi penambahan kekerasan atau kekuatan apabila mengalami benturan dengan benda keras yang lain.


Dengan adanya benturan tersebut maka pada atom-atom penyusun unsur Titanium tersebut akan berdesak-desakan yang menimbulkan tegangan sisa pada material tersebut.


Tegangan sisa adalah tegangan yang timbul dari dalam diri material tersebut yang mengakibatkan desakan-desakan antar molekul sehingga terjadi peningkatan kekerasan.


Tegangan sisa inilah sebenarnya yang mengakibatkan bertambahnya kekerasan dan kekuatan pedang samurai.


Akan tetapi peningkatan kekuatan seperti ini adalah bersifat sementara (remanen). Artinya apabila unsur penyususn pedang samurai sudah rileks kembali ini artinya tegangan sisa yang tersimpan didalam material pedang samurai sudah hilang.


Dengan hilangnya tegangan sisa tersebut maka kekuatan dan kekerasan dari pedang samurai akan kembali seperti sebelum terjadi peningkatan kekuatan.


Metode peningkatan kekuatan yang lain pada pedang samurai akan dikupas pada posting selanjutnya terutama untuk peningkatan kekuatan yang bersifat permanen (tetap).


Jadi agar dapat mengoptimalkan penggunaan kekuatan pedang samurai, sebelum pedang samurai dipergunakan direkomendasikan untuk dibentur-benturkan pada benda keras seperti batu, logam, dan sebagainya atau diayun-ayunkankan berkali-kali agar dapat memunculkan tegangan sisa. Selamat mencoba...

*Gambar diambil dari http://www.samurai-swords-for-sale.com

4 komentar:

  1. gmn cara mengeraskan pedang samurai yg tidak keras

    BalasHapus
  2. boss mau nanya nih:
    1. Apakah pedang samurai berbahan titanium tidak nempel magnet?

    2. Temen saya punya samurai buatan tahun 1200an
    tetapi samurainya lemes/meleot2, apakah pedang ini bisa dikeraskan dengan cara dipanaskan / dibentur2kan?

    3. proses pengerasan dengan cara dibentur2kan dengan benda keras bisa bertahan brp lama?

    terima kasih

    BalasHapus
  3. satu lkagi bosss gimana cara mengasah pedang samurai

    BalasHapus
  4. gua punya ni pedang, bahannya logam besi murni... umurnya udah lama pokoknya, konon dibuat dengan ditempa bukan dicetak. sekarang dah tumpul bgt gimana cara ngasah supaya bisa tajam lagi ya?

    BalasHapus