Kamis, 10 September 2009

Desain Body Kendaraan Canggih Mengacu pada Empu Keris


Body kendaraan merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah kendaraan yang mengandalkan kenyamanan. Di zaman sekarang ini kenyamanan adalah tujuan utama dari para desainer otomotif. Karena kenyamanan merupakan tujuan utama dari semua pengendara sebuah kendaraan semisal mobil, baik mobil umum maupun mobil pribadi. Sehingga para desainer harus berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah mobil dengan kenyamanan yang sangat tinggi.


Body mobil yang tidak nyaman biasanya apabila terkena hembusan angin pada saat mobil sedang melaju akan bergetar karena terpaan angin dan getaran dari mesin kendaraan itu sendiri. Sehingga akibat getaran tadi menimbulkan suara berisik yang dapat mengganggu pengendara dan penumpang yang berada didalam mobil tersebut.


Suara berisik akibatgetaran tersebut merupakan sasaran utama dari teknologi body kendaraan disamping kekuatannya. Dengan memberikan penguat berupa sebatang logam dirasa kurang efektif karena disamping terjadi penambahan biaya produksi berupa penambahan konstruksi juga menyita banyak tempat. Disamping itu kadang kala masih saja menimbulkan getaran yang akibatnya muncul suara berisik.


Berbagai cara telah diupayakan hingga sampai saat ini. Ternyata dari penelitian-penelitian merekomendasikan untuk kembali ke zaman para empu keris seperti pada masa Kerajaan Majapahit yang gencar-gencarnya teknologi keris merebah.


Teknologi cara pembuatan keris ternyata lebih efektif diaplikasikan dalam desain body kendaraan. Dan sampai saat ini teknologi desain body kendaraan masih mengacu pada teknologi keris (zaman para empu terdahulu).


Teknologi cara pembuatan keris yaitu dengan cara bahan yang akan dibuat keris dipanaskan sampai suhu austenisasi lalu ditempa hingga berbentuk lembaran. Setelah itu lembaran tadi dilipat menjadi dua bagian dan dipanaskan lagi sampai suhu austenisasi lagi. Setelah itu ditempa lagi hingga berbentuk lembaran dan dilipat menjadi dua bagian lagi dan seterusnya tergantung seberapa banyak lipatan yang ingin dikehendaki.


Cara ini dipakai pada teknologi pembuatan body kendaraan, namun tidak terlalu banyak menggunakan lipatan seperti halnya keris. Body kendaraan sekarang pasti dibuat ada lipatan kecil atau lipatan besar bahkan berbentuk lengkungan saja yang pada prinsipnya mengacu pada system pembuatan keris.


Lipatan atau lengkungan dalam istilah sekarang disebut dengan buckling. Sebenarnya tidak hanya body kendaraan yang mengaplikasikan teknologi buckling namun semua produk yang berbentuk lembaran tipis seperti botol minuman instant berbentuk gallon, kaleng, dan sebagainya.

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

    BalasHapus