Rabu, 06 Januari 2010

CARA MENGHEMAT BAHAN BAKAR (PREMIUM) KENDARAAN


Bahan bakar berupa premium merupakan keutuhan pokok bagi pemilik kendaraan dengan bahan bakar premium. Karena bahan bakar merupakan bahan yang dibakar untuk proses pembakaran didalam ruang bakar mesin agar diperoleh tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Dalam kenyataannya bahan bakar berupa premium saat ini cenderung mengalami peningkatan harga dengan alasan semakin terbatasnya minyak bumi sebagai bahan dasar premium. Kalau itu memang benar demikian pasti semakin tambah tahun akan diikuti peningkatan harga premium.

Padahal kendaraan saat ini juga merupakan kebutuhan setiap orang. Jadi mau tidak mau kita harus mengkonsumsi premium meskipun dengan membeli harga yang semakin tinggi.

Untuk mesiasati hal itu kita tentunya harus benar-benar bisa memanfaatkan premium dengan efisien.


Bagaimana bisa menekan penggunaan premium kalau kendaraan kita masih menggunakan pengoperasian yang normal dalam pembakarannya.

Pembakaran yang normal yaitu perbandingan antara premium dengan udara sebesar 1:15. Artinya dalam 1 kg premiun untuk dapat terbakar secara sempurna dibutuhkan udara sebanyak 15 kg.

Cara yang dapat ditempuh untuk menghemat penggunaan premium yaitu mengubah perbandingan campuran 1:15 dengan meningkatkan jumlah udara. Apabila jumlah udara ditingkatkan maka jumlah premium juga harus naik supaya dapat memenuhi perbandingan 1:15.

Apabila menginginkan jumlah premium yang tetap akan tetapi masih dapat memenuhi perbandingan campuran premiun : udara sebesar 1:15 maka kita harus menguraikan penyusun premium dengan partikel-partikel yang semakin banyak.

Salah satu cara yang dapat menguraikan susunan partikel premium adalah dengan menggunakan sebuah kawat lilitan (solenoida).

Premium yang mau diuraikan dilewatkan disekitar kawat lilitan yang terhubung dengan kedua kutub baterai yaitu kutub positif dan negatif baterai.

Akibat terhubungnya kawat lilitan ke kutub baterai maka pada kawat lilitan tersebut akan terinduksi yang mengakibatkan timbulnya medan magnet disekitar kawat lilitan tersebut.

Medan magnet inilah yang dipergunakan untuk menguraikan penyusun premium sehingga penggunaan premium akan menjadi lebih hemat.

1 komentar:

  1. tolong di kasih gambarnya gan biar tambah gampang memahaminya

    BalasHapus